selamat datang di halaman web saya, web ini membagikan informasi seputar dunia kesehatan dan teknologi (tips dan trik serta program yang bisa di download), jangan lupa di koment ya teman-teman kalau ada pertanyaan, salam dari saya JHON HENDRIK,, Syalom..Gbu all.

Monday, March 30, 2015

Kara Kerja Obat Penurun Panas atau Antipiuretik

cara kerja obat penurun panas atau antipiuretik


Cara kerjanya yaitu dengan cara menghambat produksi prostaglandin di hipotalamus anterior yang meningkat sebagai respon adanya pirogen endogen (zat hormon penyebab demam dalam tubuh),sehingga jika dihambat maka suhu tubuh akan tetap stabil.
ANTIPIRETIK
.
cara kerja anti nyeri (analgetik)
Analgetik merupakan zat kandungan obat yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa perih/nyeri maupun rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran dan bisa memberikan rasa tenang bagi orang yang menderita rasa nyeri maupun sakit.

ANALGETIK
Cara kerjanya yaitu dengan menghambat pembentukan Prostaglandin di tempat yang nyeri/sakit sehingga sensorik dari otak untuk membawa pesan nyeri/sakit ke tempat luka menjadi ikut terhambat dan rasa nyeri/sakit akan menjadi reda bahkan hilang.

MEKANISME KERJANYA
Anatetika local mengakibatkan kehilangan rasa dengan jalan beberapa cara. Misalnya dengan jalan menghindarkan untuk sementara pembentukan dan transmisi impuls melalui sel saraf ujungnya. Pusat mekanisme kerjanya terletak di membrane sel. Seperti juga alcohol dan barbital, anastetika local menghambat penerusan impuls dengan jalan menurunkan permeabilitas membrane sel saraf untuk ion-natrium, yang perlu bagi fungsi saraf yang layak. Hal ini disebabkan adanya persaingan dengan ion-kalsium yang berada berdekatan dengan saluran-saluran natrium di membrane neuron. Pada waktu bersamaan, akibat turunnya laju depolarisasi, ambang kepekaan terhadap rangsangan listrik lambat laun meningkat, sehingga akhirnya terjadi kehilangan rasa setempat secara reversible.
cara kerja obar sehingga menumbulkan efek dalam tubuh yaitu : ketika obat di masukkan dalam tubuh baik di konsumsi atau di injeksi maka zat dari obat tersebut di terima oleh saraf dan di ofer ke hipotalamus dan hipotalamus akan merespon dgn berbagai hasil sesuai dengan informasi saraf atau rangsangan yg di terima
penjelasan hipotalamus sebagai berikut...:
Hipotalamus adalah sebuah kawasan yang kompleks di otak manusia, dan bahkan kecil inti dalam hipotalamus terlibat dalam banyak fungsi yang berbeda. Inti paraventricular misalnya berisi Oksitosin dan vasopresin (juga disebut antidiuretic hormon) neuron yang proyek untuk pituitari posterior, tetapi juga mengandung neuron yang mengatur ACTH dan TSH sekresi (yang proyek untuk pituitari anterior), lambung refleks, ibu perilaku, tekanan darah, makan, respon imun, dan suhu.
Mengkoordinir hipotalamus banyak hormon dan perilaku ritme sirkadian, pola yang kompleks neuroendocrine output, kompleks homeostatic mekanisme dan banyak perilaku yang penting.

penurun n yg meningkatkan kesadaran :
Zat Adiktif dan psikotropika
ketika zat ini jika dimakan ,diminum diisap/dihirup, dimasukkan (disuntikkan ) ke dalam tubuh maka dapat mempengaruhi susunan syaraf dapat menurunkan kesadaran atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. narkotika , zat adiktif , dan psikotropi belum jelas.

BY : JHON HENDRIK
Smoga bermanfaat ya smuanya


JHON HENDRIK J WARUWU . 2018 Copyright. All rights reserved. Designed by Jhon Hendrik J Waruwu Blogger Template | Free Blogger Templates